Selasa, 03 April 2012

Manajemen

Manajemen


Apa itu manajemen?manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efeketif untuk mencapai sasaran. Adapun orang yang melalukan suatu manajement disebut manajer. Tugas seorang manajer adalah mengatur atau mengendalikan suatu perusahaan dengan memanfaatkan sumber daya secara efektif untuk mencapai suatu tujuan atau sasaran.
Menurut Cut Zurnali, suatu Manajemen pengetahuan bukan merupakan sesuatu yang baik. Tetapi, untuk mengetahui bagaimana mengerjakan sesuatu agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Kegiatan Manajemen Pengetahuan ini biasanya dikaitkan dengan tujuan organisasi yaitu untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.
Tujuan dari suatu proses manajemen adalah untuk mengimplementasikan tindakan agar dapat memasok landasan pengetahuan organisasional.
Menurut Cut Zurnali (2008), Model konseptual management  pengetahuan menyajikan enam phase dari pelajaran pengetahuan yaitu:
1.    Penciptaan arti atau visi bersama dari tujuan pengembangan pengetahuan;
2.    Penyediaan informasi;
3.    Penginduksian pemrosesan internal bagi penciptaan pengetahuan individual;
4.    Pengkonversian pengetahuan individual kedalam pembelajaran kelompok;
5.    Penyebaran pengetahuan ke level organisasional lainnya; dan
Pengaplikasian pengetahuan secara praktis.

Demi terwujudnya tujuan dari manajemen makan dibutuhkan suatu ilmu atau pengetahuan mengenai bagaimana cara mengendalikan suatu usaha secara efektif agar tercapainya sasaran. Karena proses manajemen tanpa pengetahuan, akan menimbulkan kekacauan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar