Selasa, 03 April 2012

Pengaruh Globalisasi Terhadap Perubahan Nilai - Nilai Masyarakat Indonesia

GLOBALISASI

A. Pengertian
Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik. Globalisasi juga terbentuk oleh adanya kemajuan di bidang komunikasi dunia.

Globalisasi berpengaruh pada hampir semua aspek kehidupan masyarakat. Ada masyarakat yang dapat menerima adanya globalisasi, seperti generasi muda, penduduk dengan status sosial yang tinggi, dan masyarakat kota. Namun, ada pula masyarakat yang sulit menerima atau bahkan menolak globalisasi seperti masyarakat di daerah terpencil, generasi tua yang kehidupannya stagnan, dan masyarakat yang belum siap baik fisik maupun mental.


Unsur globalisasi yang sukar diterima masyarakat adalah sebagai berikut.
a. Teknologi yang rumit dan mahal.
b. Unsur budaya luar yang bersifat ideologi dan religi.
c. Unsur budaya yang sukar disesuaikan dengan kondisi masyarakat.
Unsur globalisasi yang mudah diterima masyarakat adalah sebagai berikut.
a. Unsur yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat.
b. Teknologi tepat guna, teknologi yang langsung dapat diterima oleh masyarakat.
c. Pendidikan formal di sekolah.

Adapun dampak positif dan negative dari perkembangan globalisasi terhadap perubahan nilai-nilai masyarakat. Mengapa?karena globalisasi merupakan penyebaran unsur baru, maka, pasti akan dapat menimbulkan suatu perubahan atau akulturasi terhadap masyarakat ‘penikmat’ kemajuan globalisasi tersebut.

Dampak positif dari perkembangan Globalisasi adalah :
1.    Segala akses dalam bidang informasi menjadi mudah didapat. Seperti misalnya : internet, tv, radio, dan lain-lain.
2.    Mempermudah dalam bidang komunikasi. Seperti misalnya : telepon, handphone, dan email. Jadi, jarak tidak lagi menjadi kendala untuk silaturahmi.
3.    Dalam bidang ekonomi, globalisasi juga bermanfaat untuk mempermudah transaksi jual-beli. Jadi, kita tidak perlu membawa banyak uang cash untuk dapat membayar sesuatu.
4.    Dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dampak negative dari perkembangan Globalisasi adalah :
1.    Dalam bidang sosial, akan menimbukan kesenjangan social.
2.    Munculnya sikap individualisme, karena Globalisasi menimbulkan sikap ketidakpedulian antar warga masyarakat.
3.    Masyarakat cenderung kehilangan identitas diri sebagai warga Indonesia. Karena telah terpengaruh oleh budaya barat. Seperti : cara berpakaian, cara berbicara, pola hidup,dan lainlain.
4.    Lunturnya sikap cinta produk Indonesia. Karena menganggap produk dari luar negeri lebih baik dari produk Indonesia. Padahal, jika kita lebih teliti, dengan harga yang cukup terjangkau kita sudah mendapatkan produk Indonesia dengan kualitas baik

Kita tidak mempunyai pilihan melainkan untuk meneliti secara kritikal dari implikasi globalisasi yang semakin rancak dan tidak terkawal. Golongan muda seharusnya berani untuk menyanggah arus globalisasi bagi memastikan jati diri kita yang sebenar tidak akan digadai. Hanya golongan muda yang mempunyai keberanian dan keyakinan diri bahawa sementara kita ingin berinteraksi dengan dunia luar kita tetap akan terus yakin dan tegas dalam mempertahankan kejatian diri kita. Tanpa kesedaran ini globalisasi akan menenggelam dan melemaskan golongan muda dengan nilai dan pegangan hidup yang sangat mengelirukan dan palsu.

Sumber    :

http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/05/dampak-positif-dan-dampak-negatif.html

1 komentar:

  1. maaf ya teman, mau kasih masukan nih kita kan anak gundar,kita jg udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill ayo dong blognya disisipin
    link Universitas Gunadarma misalnya kaya gini nih
    * www.gunadarma.ac.id
    * www.studentsite.gunadarma.ac.id
    * www.baak.gunadarma.ac.id
    * dll.
    ini buat kriteria penilaian mata kuliah softskill temen2 :D

    BalasHapus