Selasa, 03 April 2012

Wajib Belajar 9 Tahun

Wajib Belajar 9 Tahun


Seperti yang telah kita ketahui bahwa kualitas pendidikan di Indonesia ini cukup buruk. Banyak sekali anak-anak yang seharusnya masih dalam masa pembelajaran di sekolah, tapi mereka memilih untuk menjadi penyanyi jalanan atau pengemis. Hal itu merupakan salah satu faktor mengapa pendidikan di Indonesia ini cukup buruk. Pada usia semuda itu, mereka sudah diwajibkan oleh orangtuanya untuk bekerja agar dapat memenuhi kebutuhan primernya. Menurut mereka, pendidikan bukanlah hal yang utama yang harus diperoleh. Pendidikan hanya dianggap sebagai kebutuhan sekunder, bukan primer. Tapi ada pula, anak-anak yang sangat ingin bersekolah namun tidak memiliki biaya. Atau bahkan, tidak ada sarana pendidikan di sekitar lingkungan tempat mereka tinggal. Oleh karena itu, bagaimanakah solusi dari masalah tersebut?
Pemerintah kini telah memberikan sebuah solusi, yaitu dengan program ‘Wajib Belajar 9 tahun’. Dengan program itu, pemerintah akan memberikan subsidi di bidang pendidikan selama 9 tahun, dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi kebodohan yang ada di Indonesia ini. Nilai positif dari program ini adalah dapat melepaskan rasa kekhawatiran masyarakat yang menganggap ‘pintar’ itu harus mahal. Sebenarnya, yang dibutuhkan agar menjadi insan bangsa yang cerdas hanyalah ‘kemauan’. Jika ada rasa kemauan dalam diri, maka hal itu akan memacu kerja otak untuk memotivasi kita dalam meraih sebuah impian. Dan apabila kita sudah memiliki motivasi diri, maka setiap masalah yang mengahalangi kita dalam meraih impian, pasti akan terselesaikan, hal itu dikarenakan timbul semangat dari dalam diri untuk mencari solusi. Pemerintah hanya membantu secara material agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Selebihnya, seperti faktor internal dari dalam diri, itu menjadi kesadaran masing-masing warga Negara untuk memajukan Tanah Air.
    Mungkin banyak warga Negara Indonesia yang tidak menyadari bahwa pendidikan adalah salah satu faktor yang penting dalam kemajuan bangsa. Buktinya adalah pada masa sebelum merdeka, kita dijajah bertahun-tahun oleh Negara lain karena tidak ada pendidikan. Kita hanya dijadikan budak oleh bangsa lain. Semua harta dan kekayaan bangsa Indonesia dirampas. Sampai pada akhirnya para pahlawan bangsa memberi sebuah pemahaman kepada rakyat, agar mau melepaskan diri dari pembodohan monopoli penjajah. Dan terbukti, kini bangsa Indonesia dapat terlepas dari penjajahan dan dapat menikmati kemerdekaannya karena pendidikan. Bukti lainnya adalah Indonesia dapat mengikuti perkembangan globalisasi dunia karena sebuah pendidikan. Untuk itu pendidikan amatlah penting untuk kemajuan bangsa Indonesia.
    Kewajiban kita sebagai insan muda bangsa adalah ikut membantu memajukan Negara Indonesia agar tidak dipandang remeh oleh Negara lainnya.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar